Terwujudnya Desa Watualang Yang Rukun dan Makmur Serta Maju Dalam Berbagai Bidang

Artikel

Watualang Siap Dukung IKD dan Desa Digital

24 Februari 2023 18:30:35  Administrator  145 Kali Dibaca  Berita Desa

watualang.desa.id Jum'at (24/02), Identitas Kependudukan Digital (IKD) atau KTP Digital digadang-gadang bakal menggantikan KTP fisik. Untuk tahap awal akan diterapkan pada pegawai di lingkup Dispendukcapil kabupaten/kota, selanjutnya pegawai ASN seluruh Indonesia, kemudian mahasiswa, pelajar dan masyarakat. 

Dukcapil Kemendagri mengungkapkan program identitas warga ini bentuknya adalah aplikasi Digital ID. App ini sudah ada di Play Store pada ponsel berbasis Android.  

Tampilan muka app ini terdiri dari foto, nama, Nomor Induk Kependudukan (NIK) pemilik akun aplikasi Digital ID. "Di bagian tengah terdapat enam menu yaitu Data Keluarga, Dokumen, Tanda Tangan Elektronik, Pelayanan, Pemantauan Pelayanan, Histori Aktivitas, Ubah Pin/Kata Kunci, Lepas Perangkat, dan Keterangan," kata Kartini ( Kaur Pemerintahan Desa Watualang).

Didalam aplikasi IKD ini sudah dilengkapi dengan fitur pencegahan tangkap layar yang bisa meminimalkan penyalahgunaan informasi. 

Pada awalnya, pengaktifan Identitas Kependudukan Digital, masyarakat bisa datang ke Dispendukcapil dan kantor kecamatan. Tetapi saat ini banyak desa yang sudah membuat kerja sama dengan Dispendukcapil. Dalam kerjasama dibidang Siak Terpusat tersebut desa sekarang memiliki hak akses untuk mengajukan akta Kematian dan kelahiran.

Seperti di Desa Watualang yang mendukung program Digitalisasi Desa, mereka juga membuat kerjasama dengan Dispendukcapil. Warga Desa Watualang dapat mengajukan pembuatan surat melalui Hp masing-masing.  "Selain itu saat ini warga Desa Watualang juga bisa mengaktifkan Identitas Kependudukan Digital (IKD) di kantor desa", Kata Anton Ponijan ( Kades Watualang).

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Agenda

 Sinergi Program

 Aparatur Desa

Back Next

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Ngawi-Solo Km.04 Ds. Watualang Kec. Ngawi Kab. Ngawi
Desa : Watualang
Kecamatan : Ngawi
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63251
Telepon : 0351746731
Email : kantordesa.watualang@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:152
    Kemarin:161
    Total Pengunjung:100.615
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.222.104.206
    Browser:Tidak ditemukan