Terwujudnya Desa Watualang Yang Rukun dan Makmur Serta Maju Dalam Berbagai Bidang

Artikel

Sinergitas Pos Gizi Dashat dan Gemar Membaca bersama Perpustakaan Cemerlang Desa Watualang

05 Juli 2024 11:56:59  Administrator  68 Kali Dibaca  Berita Desa

Pos gizi (Pos Pelayanan Terpadu) adalah program dari Yayasan Cipta yang bertujuan untuk memberikan layanan kesehatan dan gizi kepada masyarakat, khususnya balita usia dua tahun. Pos gizi ini bertujuan untuk mensosialisasikan empat hal perilaku penting, yaitu gemar makan ikan, makan bersama keluarga, mencuci tangan, dan rutin posyandu. Untuk balita usia 2 tahun, pos gizi memiliki beberapa tujuan dan manfaat yang sangat penting.

Tujuan Pos Gizi bagi Balita Usia 2 Tahun:

  1. Mencegah Gizi Buruk: Salah satu tujuan utama pos gizi adalah mencegah terjadinya gizi buruk pada balita. Gizi buruk dapat menghambat pertumbuhan fisik dan perkembangan kognitif anak.
  2. Meningkatkan Status Gizi: Pos gizi bertujuan untuk meningkatkan status gizi balita, baik dari segi berat badan, tinggi badan, maupun asupan nutrisi yang cukup dan seimbang.
  3. Pencegahan dan Penanganan Penyakit: Melalui pos gizi, diharapkan dapat terdeteksi dini jika ada indikasi penyakit yang terkait dengan gizi, seperti anemia atau defisiensi vitamin.
  4. Edukasi Gizi: Memberikan edukasi kepada orang tua atau pendamping balita tentang pentingnya gizi seimbang dan cara memenuhi kebutuhan gizi anak secara optimal.

Manfaat Pos Gizi bagi Balita Usia 2 Tahun:

  1. Penyediaan Makanan Tambahan: Pos gizi biasanya menyediakan makanan tambahan seperti susu, sereal, atau makanan bergizi lainnya yang dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi balita yang mungkin tidak tercukupi di rumah.
  2. Monitoring Pertumbuhan: Melalui pos gizi, dilakukan pemantauan terhadap pertumbuhan fisik balita secara berkala. Hal ini penting untuk mengidentifikasi apakah balita mengalami masalah gizi atau pertumbuhan yang tidak optimal.
  3. Pemberian Imunisasi dan Suplemen: Pos gizi seringkali juga memberikan imunisasi dan suplemen gizi seperti vitamin A atau zat besi, yang sangat penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh dan mencegah defisiensi gizi.
  4. Konseling Gizi: Orang tua mendapatkan konseling atau penyuluhan tentang pola makan yang sehat dan pentingnya nutrisi bagi tumbuh kembang anak, sehingga dapat memperbaiki praktik gizi di rumah.

Pantauan Kesehatan Secara Umum: Selain aspek gizi, pos gizi juga memantau kesehatan secara umum, seperti perkembangan motorik dan bahasa, untuk memastikan balita tumbuh sesuai dengan perkembangannya.

Kegiatan pos gizi ini berlangsung selama 12 hari. Jenis masakan yang dibuat berupa kudapan berupa empat jenis; Pizza Lumpur Toping Hati dan Daging Ayam, Arem-arem Pelangi, Sup Matahari, dan Kaki Dino. Keempat jenis kudapan ini terbuat dari komposisi protein hewani dan nabati, serta tambahan sayur.

Pos Gizi ini dimasak di lokasi. Saat menunggu hidangan matang, anak-anak bisa membaca buku dan bermain di perpustakaan. Hal ini selain untuk mendorong kenaikan berat badan melalui kudapan, balita juga diharapkan bisa menumbuhkan semangat membaca sejak dini.  Dengan demikian, pos gizi memiliki peran yang sangat penting dalam memastikan balita usia 2 tahun mendapatkan asupan gizi yang cukup dan optimal, serta mendukung tumbuh kembangnya secara menyeluruh.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Arsip Artikel

01 Desember 2021 | 1.116 Kali
Profil Desa
30 Juni 2023 | 961 Kali
"Nyadran" Salah Satu Bentuk Nguri-uri Budaya Jawa
18 Desember 2022 | 811 Kali
Pendaftaran PPS Pemilu 2024 Dibuka
01 Januari 2022 | 769 Kali
Data Desa
29 Juli 2013 | 691 Kali
Kontak Kami
09 April 2022 | 672 Kali
Petugas Dan Pemdes Watualang Foto Rumah Warga Penerima BPNT
01 September 2021 | 555 Kali
Pemerintahan Desa

 Agenda

 Sinergi Program

 Aparatur Desa

Back Next

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Ngawi-Solo Km.04 Ds. Watualang Kec. Ngawi Kab. Ngawi
Desa : Watualang
Kecamatan : Ngawi
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63251
Telepon : 0351746731
Email : kantordesa.watualang@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:167
    Kemarin:240
    Total Pengunjung:112.732
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.192.44.30
    Browser:Tidak ditemukan